Windows 8

Windows 8 Themes

Microsoft resmi merilis sistem operasi terbarunya, Windows 8, Jumat (26/10/2012). Pengembang aplikasi (developer) menyambut hangat kedatangannya, yang diyakini membawa angin segar dalam hal pengembangan maupun bisnis. Kelebihan dan kekurangan apa saja yang ada di Windows 8?

Microsoft kini membuka toko aplikasi online di Windows 8, yang diberi nama Windows Store. Dengan adanya toko aplikasi online ini, para pengguna diharapkan tertib mengunduh aplikasi dari Windows Store. Ini memudahkan developer dalam mengontrol aplikasi mereka.

Yusak Setiawan dari TigaBelas Technology mengatakan, Windows Store membuka peluang bagi developer Indonesia untuk menembus pasar global. Microsoft telah membuka pendaftaran akun Windows Store sejak Agustus 2012 . Agar sebuah aplikasi masuk ke Windows Store, dibutuhkan penilaian yang cukup ketat.

“Ketat memang. Lebih ketat dibandingkan Android. Tapi kalau dibandingkan dengan iOS, masih lebih ketat iOS,” kata Yusak.

Agar sebuah aplikasi bisa masuk ke Windows Store, pihak pengontrol dari Microsoft memeriksa terlebih dahulu konten dan kerapihan tampilan antarmuka penggunanya (User Interface/UI). Waktu yang diperlukan untuk pemeriksaan itu kurang lebih sepekan. Jika UI sebuah aplikasi menyimpang dari ketentuan, bisa jadi tidak lolos.

Selain kategori game, aplikasi yang ingin masuk ke Windows Store, diharuskan mengusung tampilan Windows 8-style UI, mengacu pada desain kotak-kotak seperti bentuk lantai. Tampilan ini sebelumnya akrab disebut Metro Style. Namun, sejak Agustus lalu, Microsoft mengubah nama Metro Style menjadi Windows 8-style UI. Selain itu, developer juga bisa memanfaatkan fitur Live Tile untuk menyajikan konten terkini dan Charm Bar agar aplikasi terkesan lebih hidup dan interaktif.

Windows 8 kini tidak hanya berjalan di PC, tapi juga di tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur x86 dan ARM.

Keberadaan komputer kategori baru convertible, juga membuka peluang bisnis baru bagi developer. Convertible adalah komputer yang bisa difungsikan sebagai tablet ataupun PC. Beberapa produsen komputer membuat komputer yang bisa digeser. Jika dibuka atau digeser ke atas, ia akan berwujud seperti notebook. Tapi jika ditutup atau digeser ke bawah, ia nampak seperti tablet. Ada pula produsen yang membuat tablet, namun disertai dengan dock papan ketik (keyboard).

Vice President Navcore Nextology Farid Zulkarnain berpendapat, komputer convertible menjawab permasalahan pengguna tablet yang selama ini kurang nyaman bekerja dengan sentuhan jari. “Bagaimanapun, banyak orang yang lebih nyaman bekerja dengan keyboard, touchpad, ataupun mouse,” kata Farid saat dijumpai KompasTekno beberapa waktu lalu.

Di sinilah tantangan baru bagi developer, bagaimana membuat aplikasi untuk dua modus bentuk fisik, sehingga aplikasi tersebut nyaman digunakan saat convertible difungsikan sebagai tablet maupun PC.

Kekurangan

Sejak windows 8 hadir, Microsoft menginginkan agar semua aplikasi (kecuali game) dapat mengadopsi tampilan Windows 8-style UI. Beberapa pengembang aplikasi sebenarnya kurang nyaman dengan peraturan ini. Semua aplikasi akan terlihat sama, dengan desain kotak-kotak. Dalam pelatihan membuat aplikasi Windows 8, pertanyaan semacam ini sering dilontarkan para developer.

“Nilai keunikan sebuah aplikasi jadi hilang. Semua jadi kotak-kotak,” kata Yusak.

Untuk mengakalinya, menurut Yusak, developer bisa memainkan desain pada latar belakang, tata letak, ataupun teks.

Ada pula developer yang menganggap tampilan kotak-kotak ukuran terkecil di Windows 8 masih terlalu besar. Jika pengguna memasang banyak aplikasi, maka akan terlihat banyak kotak-kotak berjejer ke kanan. Pengguna harus terus menggeser halaman tampilan utama untuk mencari aplikasi yang hendak dibuka.

Namun, pengguna ini bisa mengatasi masalah ini dengan masuk ke modus tampilan desktop.

Untuk membuat aplikasi di Windows, dibutuhkan software Visual Studio, yang di dalamnya terdapat alat-alat untuk membangun aplikasi. Bagi perusahaan rintisan (startup), harga software Visual Studio terbilang mahal. “Kalau mau bikin aplikasi keren, pakai Visual Studio versi Express. Tapi harga lisensinya mahal. Ini berat untuk startup yang masih merintis seperti kita,” kata Dedi Mulyana dari Garuda Studio asal Bandung.

Para developer juga berharap, Microsoft dapat melakukan sosialisasi mendispilinkan pengguna agar mengunduh aplikasi dari Windows Store. Ini dilakukan untuk menekan angka pembajakan aplikasi. Selain itu, beberapa developer juga berharap Microsoft bisa menjual aplikasi berbayar dalam mata uang Rupiah, sebagau upaya meningkatkan kesadaran menggunakan aplikasi berbayar, dan dapat mendorong penciptaan aplikasi lokal.

Microsoft berhasil menjual 40 juta lisensi Windows 8 dalam waktu sebulan sejak sistem operasi terbaru itu dirilis 26 Oktober 2012. Penjualan Windows 8 lebih cepat dibandingkan Windows 7 pada tiga tahun lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Keuangan dan Pemasaran Windows di Microsoft, Tami Reller. Namun, ia tidak merinci banyaknya penjualan lisensi antara upgrade oleh konsumen dan dari pembelian komputer baru yang telah dibenamkan Windows 8.

Sistem operasi sebelumnya, Windows 7, berhasil terjual lebih dari 60 juta lisensi dalam 10 pekan pertama sejak dirilis pada 2009.

“Momentum upgrade ke Windows 8 berhasil melampaui Windows 7,” kata Reller dalam konferensi investor yang diselenggarakan Credit Suisse, Selasa (27/11/2012).

Menurut lembaga riset teknologi StatCounter, dari sekitar 1,5 miliar komputer pribadi yang ada di dunia, ada 1% atau sekitar 15 juta yang telah menjalankan sistem operasi Windows 8. Perkembangan yang bisa disebut lumayan untuk sebuah sistem operasi baru.

Konferensi investor yang diselenggarakan Credit Suisse ini, adalah penampilan pertama Reller di depan investor sejak ia diangkat sebagai salah satu eksekutif yang menjalankan bisnis unit Windows.

Bersama Julie Larson-Green, Reller dipercaya menggantikan Steve Sinofsky, sosok yang selama ini bertanggung jawab atas pengembangan Windows 8, namun pada akhirnya ia memutuskan heangkang dari microsoft, 12 November lalu.
Windows 8 tak hanya dirancang untuk komputer pribadi saja, tapi juga untuk komputer tablet. Melalui sistem operasi ini yang dimaksimalkan untuk layar sentuh ini, Microsoft berharap dapat membangkitkan industri PC yang lesu, dan dapat menandingi perangkat tablet Android dan iPad.

Tak hanya itu, Microsoft juga menawarkan harga yang murah yakni USD $14,99 atau Rp 140 ribuan untuk upgrade ke Windows 8 bagi yang telah membeli PC Desktop atau notebook merk Dell, Acer dan Toshiba mulai Juni 2012 hingga 31 Januari 2013

“DVD installer Windows 8 tersedia si toko retail Micrsoft di seluruh Indonesia mulai Senin pekan depan. Bagi pembeli merk Dell, Toshiba, Acer, mulai bulan Juni 2012 hingga 31 Januari 2013 ada upgrade seharga 14,99 dolar,” kata Program Director Microsoft Indonesia Andreas Diantoro saat peluncuran Windows 8 (27/20/2012).

Installer Windows 8 yang berupak kepingan DVD dibandrol dengan harga USD $69.99. Andreas Diantoro juga menambahkan bagi yang membeli PC desktop atau notebook sebelum bulan Juni 2012 dapat melakukan upgrade ke Windows 8 dengan biaya USD $39,99 atau Rp 300 ribuan. Pengguna yang akan melakukan upgrade ke Windows 8 dapat mengunjungi situs windowsupgradeoffer.com.

Sampai saat ini hanya sistem operasi Windows 8 dan Windows 8 Pro saja yang masuk pasar Indonesia, sedangkan Windows RT belum diketahui kapan memasuki pasar Indonesia.

Windows RT sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan Microsoft khusus untuk keperluan ultra mobile computing seperti perangkat tablet dan menggunakan basis prosesor dari ARM.

Seperti yang dilansir dari AntaraNews (27/10/2012), Windows RT hadir bersama perangkat lunak Office 2013 Home and Student Edition Preview dan dapat diperbarui ke versi final setelah Office 2013 resmi dirilis.

Microsoft secara resmi merilis sistem operasi terbaru, Windows 8 pada 26 Oktober lalu. Saat ini kami sudah menggunakan Windows 8 versi Enterprise Evaluation yang bisa digunakan secara gratis selama 90 hari.

Tips Dasar Menggunakan Windows 8

Anda yang sudah kebelet mencoba, bisa menyimak terlebih dahulu kesan pertama kami mengoperasikan Windows 8 di PC all-in-one Lenovo ThinkCentre Edge.
Oh ya, ThinkCentre Edge sudah dilengkapi layar touchscreen, sehingga pengalaman menggunakan Windows 8 jauh lebih terasa menyenangkan.
Kita mulai dari Start Screen
Ketika Anda sudah log ini ke Windows 8, Anda akan melihat Start Screen baru. Di sinilah aplikasi ditampilkan dalam bentuk live tile. Kita bisa membuka aplikasi yang kita suka dengan sentuhan atau klik.
Start Screen
Charm Bar
Charm Bar tersembunyi di pojok kanan layar. Ia berisi menu Start, Share, Search, Device, dan Setting. Kita bisa memanggilnya dengan menyapu layar dari kanan ke tengah atau melayangkan mouse di atasnya. Bisa juga dimunculkan dengan keyboard. Caranya tekan Win+C.
Charm Bar
Recent apps di sebelah kiri
Berlawanan dengan Charm bar, di sebelah kiri terletak aplikasi-aplikasi yang baru saja kita buka. Sapu dari kiri ke tengah akan menampilkan aplikasi yang baru saja kita buka. Trik ini juga bisa juga dilakukan dengan mouse.
Recent apps
Internet Explorer baru
Internet Explorer 10 yang sudah built-in di dalam Windows 8 sudah menyesuaikan dengan tampilan Metro. IE 10 sudah disetting Do Not Track secara default. Membuka web dengan IE 10 cukup lancar. Tab yang terbuka otomatis tampil full screen, sementara tab lain yang kita buka disembunyikan di bagian atas layar, yang bisa dilihat dengan cara menyapu layar dari atas ke tengah.
IE 10
Mencari daftar kontak
Sosialisasi, sinkronisasi, dan berbagi adalah bagian besar dari pengalaman yang ditawarkan Windows 8. Aplikasi People memberikan seluruh informasi mengenai kenalan kita yang diambil dari bermacam layanan, seperti Facebook, Twitter, Yahoo, dan bermacam-macam jejaring sosial lainnya.
People
Debut Windows Store
Ini merupakan salah satu inovasi paling menyenangkan di Windows 8. Windows Store dikhususkan untuk apps.
Windows Store
Zoom
Memperbesar tampilan aplikasi yang sedang kita buka kini sangat mudah dilakukan di Windows 8, dengan syarat sudah menggunakan layar sentuh. Layaknya smartphone atau tablet, kita tinggal mencubit layar untuk memperbesar. Jika dengan cara manual bisa juga dilakukan dengan scroll mouse.
Zooming
Desktop Lives
Di Windows 8, antarmuka tradisional seperti di Windows 7 masih bisa kita temukan dengan membuka aplikasi Desktop. Bedanya, tampilan desktop sudah diperkaya dengan fitur khas Windows 8 seperti Charm bar tadi, ditambah keyboard virtual.
Desktop
Windows Explorer baru
Setelah 20 tahu, Windows Explorer diperbaharui dengan nama File Explorer di Windows 8 yang dilengkapi beberapa fitur baru di tiap library.
File Explorer
Type to search
Bingung ingin mencari menu tertentu? Di Windows 8 Anda tinggal mengetik saja apa pun yang ingin Anda cari dari menu Search pada Charm bar, dan jreengg…hasilnya akan keluar seketika.
Search
Atur Apps sesuka hati
Anda bisa menggunakan klik kanan untuk mengatur aplikasi sesuka Anda. Pengaturan lebih mudah lagi jika menggunakan layar sentuh, layaknya menggunakan tablet dan  smartphone.
Apps

Myspace Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

By classic27

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s